Collaboration

Domestic


Untuk menghasilkan riset yang baik, sebuah institusi tidak bisa berdiri sendiri, harus melakukan kerjasama dengan institusi lain. Beberapa universitas dan lembaga penelitian yang ada di Indonesia merupakan mitra dari ITS dan khususnya JTMM. Kerjasama ini sebagian besar dibidang penelitian dan publikasi bersama.

International


Kerjasama luar negeri dapat berupa kerjasama pendidikan maupun penelitian. Kerjasama ini meliputi kerjasama dengan universitas dalam naungan kerjasama dengan ITS. Dibidang akademik, kerjasama dengan JTMM sdh terwujud dengan program double degree pasca sarjana JTMM dengan beberapa universitas di luar negeri.

Industrial


Selain dengan perguruan tinggi mitra dan lembaga penelitian, JTMM juga menjalin kerjasama dengan industri yang terkait dengan bidang kompetensi dari jurusan. Kerjasama bisa berupa penelitian, jasa industri dan beasiswa. Beberapa mitra kerja JTMM yang berasal dari Industri diantaranya adalah:

  • Penelitian: BATAN, LIPI, PLN
  • Beasiswa: PT. Timur Megah Steel (TMS),

Procedure


Terkait dengan kerjasama ini, JTMM sebagai kepanjangan dari ITS mengikuti prosedur yang ada di ITS. Secara umum beberapa prosedur kerjasama sebagai berikut:

  • Memorandum of Understanding (MoU)

MoU merupakan memorandum kerjasama antara institusi mitra dengan ITS. MoU ini sebagai payung untuk setiap kerjasama antara kedua institusi.

  • Memorandum of Agreement (MoA)

MoA merupakan perjanjian sebagai tindak lanjut dari MoU. MoU ini dijabarkan dalam aktifitas nyata yang dilaksanakan oleh jurusan di ITS.