Profil

Sejarah

Jurusan Teknik Material dan Metalurgi (JTMM) berasal dari program studi Metalurgi di Jurusan Teknik Mesin, ITS didirikan pada tahun 1999 (berdasarkan keputusan Mendikbud nomer 178/DIKTI/Kep/1998). Pendirian jurusan baru ini didasarkan semakin pentingnya keahlian khusus dibidang material dan metalurgi di Indonesia. Pada awalnya JTMM banyak diwarnai oleh keilmuan Metalurgi dan Pengendalian Korosi.

Setelah 17 tahun sejak berdirinya, seiring berjalannya waktu dan menyesuaikan perkembangan keilmuan di bidang teknik material dan metalurgi, makabidang yang dipelajari semakin banyak seperti polimer, komposit, keramik, material elektronik dll. Pada saat ini cakupan bidang keilmuan di JTMM yang dipelajari sudah cukup luas mulai dari hulu sampai ke hilir yang terkait dengan bidang materialdan metalurgi. Mulai dari proses ekstraksi dan pemurnian material dan mineral yang memanfaatan sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Indonesia. Pengelolaan dengan teknologi sendiri yang sudah dikuasai akan memiliki dampak bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Teknologi hilir bidang material juga berkembang dengan dapat dilihat dari beberapa riset yang aplikatif di bidang solar cell, battery, material untuk pertahanan, pelapisan, pengendalian korosi dll.

Berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional (BAN) nomer (36/BAN-PT/AK-XIII/S1/I/2011), JTMM telah mendapatkan akreditasi tertinggi “A”.  Proses manajemen di JTMM telah mengantarkan, semua riset terkumpul dalam laboratorium. Saat ini di JTMM ada 7 Laboratorium yaitu Lab Metalurgi, Lab Manufaktur, Lab. Pengolahan Material dan Mineral, lab Inovasi Material, Lab Fisika Material, Lab Kimia Material, Lab Korosi dan Kegagalan Material. Dengan beranggotakan 24 Dosen dan 18 tenaga kependidikan, mulai tahun 2011, JTMM membuka program pasca sarjana (S2) dan merencanakan pada tahun 2017 memiliki program pasca sarjana (S3).

Visi Misi

Visi dan misi dari Jurusan Teknik Material dan Metalurgi (JTMM) diturunkan dari dari visi dan misi ITS yang secara kelembagaan tertuang didalam RENSTRA ITS 2008-2017. Visi ITS adalah menjadi perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, terutama yang menunjang industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan. Sedangkan Misi ITS adalahmemberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengelolaan sistem berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Visi JTMM adalah menjadi jurusan yang mempunyai keunggulan, kompetensi global dibidang rekayasa dan teknologi bahan untuk menunjang perkembangan iptek dan industri.

Misi JTMM adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki kompetensi tinggi, profesional dibidang rekayasa dan teknologi bahan dan mampu mengembangkan jejaring dengan industri.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi di JTMM, ITS dari tahun 2016 – 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Ketua Jurusan : Dr. Agung Purniawan, S.T., M.Eng

  2. Sekretaris Jurusan : Diah Susanti, S.T., M.T., PhD

  3. Korprodi S1 : Dr. Eng.  Hosta Ardyananta, ST., M.Sc.

  4. Korprodi S2 : Dr. Lukman Nurochim, S.T., MSc.Eng

  5. Kepala Laboratorium

    1. Lab Metalurgi : Dr. Agung Purniawan, S.T., M.Eng

    2. Lab Proses Manufaktur : Ir. Moh. Farid, DEA.

    3. Lab Pengolahan Material dan Mineral: Dr. Sungging Pintowantoro, S.T., MT

    4. Lab Inovasi Material : Dr. Eng.  Hosta Ardyananta, S.T., M.Sc.

    5. Lab Fisika Material : Dr. Widyastuti, S.Si., M.Si.

    6. Lab Kimia Material : Diah Susanti, S.T., MT., PhD

    7. Lab Korosi dan Kegagalan Material : Dr. Lukman Nurochim, S.T., MSc.Eng

  6. Kasubbag : Budi Kasiyanto, S.E.

Staf Akademik

Staf Non-Akademik

  • Amida Rehani

    Job duty: Kemahasiswaan, Alumni & Kepegawaian
    E-mail: amida@mat-eng.its.ac.id
    Motto/Hobby :shoping & eating

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Desy Kurniawati, SS

    Job duty : administrasi akademik
    Motto/Hobby : membaca

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Ahmad Dafikin

    Job Duty: Karyawan Lab
    No telp: 081357568938
    Email : dafikin@its.ac.id
    Hobby : Futsal
    Motto : Hidup Sekali Manfaatkan Sebaik Baiknya.

Profil Lulusan

Dari proses pembelajaran yang dilakukan JTMM, profil lulusan yang diharapakan adalah sebagai berikut:

  • KEMAMPUAN KERJA

Mampu menerapkan bidang ilmu Teknik Material dan Metalurgi secara mendalam yang menekankan pada pendekatan secara sistematik untuk menyelesaikan masalah material dan metalurgi yang berkaitan dengan  aplikasi di bidang energi, kelautan dan lingkungan dengan tetap berwawasan kebangsaan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

  • PENGETAHUAN YANG DIKUASAI

Mampu menguasai konsep teoritis di bidang  pengolahan mineral dan material, metalurgi, manufaktur,  inovasi material, korosi, dan kegagalan material  secara mendalam agar mampu menyelesaikan masalah secara prosedural untuk memperoleh rekomendasi pemecahan masalah material dan metalurgi yang berkaitan dengan  aplikasi di bidang  energi, kelautan dan lingkungan

  • KEMAMPUAN MANAJERIAL

Mampu mengambil keputusan yang tepat berbasis pada analisa informasi dan data di bidang ilmu teknik material dan metalurgi yang mencakup aspek energi, kelautan dan lingkungan  untuk mengurangi dampak penerapan teknologi terhadap masalah lingkungan dan kehidupan sosial manusia.

  • SIKAP DAN TATA NILAI

(1). Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,

(2). Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya,

(3). Berperan sebagai warga negara yang mendukung persatuan serta  perdamaian dunia,

(4). Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya,

(5). Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain,

(6). Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk  mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Penghargaan

 

Akreditasi