WORKSHOP ATOMIC FORCE MICROSCOPY (AFM) JTMM FTI-ITS 2016

                Pada tanggal 18-19 April 2016 telah dilaksanakan Workshop Atomic Force Microscopy (AFM) yang bertempat di Ruang Sidang JTMM. Workshop Ini merupakan hasil kerjasama antara JTMM dengan PT Multi Teknindo Infotronika (MTI) selaku supplier alat AFM. Workshop ini dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, acara dimulai pukul 13.00 WIB. Diah Susanti, PhD selaku Sekretaris Jurusan JTMM membuka acara sekaligus mengucapkan selamat datang kepada tim dari PT MTI serta peserta workshop yang terdiri dari para peneliti, dosen, mahasiswa S2 dan S3, serta dari PT FSCM indonesia selaku perwakilan dari industri. Pelatihan ini sangat diminati, terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai 50 orang. Hariyati Purwaningsih S.Si, M.Si selaku ketua panitia mengaku sangat senang dengan antusiasme ini. Beliau juga berharap agar para peserta memperoleh ilmu yang  bermanfaat khususnya mengenai pengujian AFM.

Pada hari pertama, dibagi menjadi dua sesi. Yaitu sesi pertama adalah sesi pengenalan AFM. Berupa pemberian materi mengenai pengertian AFM, lingkup kerja material yang bisa dibuat sebagai spesimen, dan prinsip dasar pengujian AFM. Kemudian, sesi kedua dilanjutkan dengan peragaan operasi alat AFM meliputi preparasi sampel, prosedur pengujian dan prosedur pembacaan hasil AFM.

Hari kedua dimulai pada pukul 09.00. Untuk hari kedua ini, kegiatan yang dilakukan adalah full praktikum. Jadi, peserta diberikan kesempatan untuk membawa sampel nya untuk diuji dengan menggunakan alat AFM. Sebanyak lebih dari 24 sampel telah terkumpul untuk diuji. Pada peserta terlihat sangat antusias sekali ketika mengetahui sampelnya diuji. Bahkan mereka tak sungkan untuk bertanya-tanya sepanjang pengujian kepada instruktur mengenai hal-hal yang belum mereka pahami. Acara pun akhirnya diakhiri ketika jam telah menunjukkan pukul 15.00. Acara diakhiri dengan foto bersama antara peserta, panitia dan tim dari PT MTI. Semoga kerjasama antara JTMM dan PT MTI ini akan selalu terjalin dan semakin erat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *